Menantikan Skateboard dari Bambu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Industri papan deck skateboard, umumnya didominasi material dari kayu Maple. Pilihan jenis kayu ini karena mudah dibentuk, fleksibel, dan relatif tahan lama. Untuk memproduksi satu deck skateboard perlu dibentuk dalam lapisan-lapisan kayu yang bervariasi jumlahnya. Setidaknya ada lebih tujuh lapis kayu maple yang disatukan kemudian dipres. Skateboard buatan lokal biasanya terbuat dari bahan kayu lapis dan plastik fiber. Para skater untuk ajang adu kompetisi biasa memakai papan skateboard berbahan Maple.

Di balik hobi dan kesenangan bermain skateboard, ada kisah lain tentang pohon Maple yang kian langka. Industri deck skateboard adalah penyebab utama deforestrasi pohon Maple. Di negara asalnya, AS, sekitar 100.000 papan skateboard dibuat setiap bulan. Sementara untuk mendapatkan kembali pohon Maple tua yang layak ditebang perlu menunggu 50 tahun hingga 60 tahun lagi. Inilah efek negatif dari kultur olahraga skateboard.

Jadi jangan bangga dulu ya main skateboard dari pepohonan Maple. Ya, bagi kamu yang memainkan skateboard di wilayah tropis seperti Indonesia efek langsungnya mungkin kurang terasa. Namun ingat ada efek rumah kaca dampak dari penebangan pohon Maple bisa berakibat global itu nyata.

Dalam perkembangannya, khususnya di luar negeri skateboard tumbuh tidak saja sebagai olahraga. sebagai alat transportasi kaum urban, para komuter. Mereka meluncur di atas papan skateboard di trotoar jalanan untuk menghemat waktu berjalan kaki.

Bamboo Skateboards

Sejak pohon Maple dinyatakan makin langka, inovasi bahan deck untuk papan skateboard sebagian beralih ke material dari pohon bambu. Namun pembuat Skateboard bermaterial bambu belum banyak.

Beberapa tim wirausaha dari Oceanside, California, pada 2008, mengelola dan membuat skateboard dari bahan bambu dengan merek BambooSK8. Lalu pada 2012, nama “BambooSK8” diubah menjadi Bamboo Skateboards. Perusahaan Bamboo Skateboard, selain membuat deck skateboard, juga membuat longboard.

Inovasi skateboard dari bambu tidak saja menciptakan papan yang lebih baik, kuat, dan elastis. Bambu dipilih karena sumber daya pohonnya bisa diperbaharui dengan cepat dan aman untuk kelestarian lingkungan.

Tanaman bambu tergolong dalam jenis rumput. Jika ditebang akar anakan bamboo akan mudah tumbuh lagi. Bambu adalah bahan terbarukan dan  dapat dikembangkan sebagai hutan yang dikelola secara lestari. Ini lebih go green dan aman untuk planet bumi.

Memang belum banyak yang mengganti material papan deck skateboard maple ke material bambu. Baru ada satu merek Bamboo Skateboard yang fokus memanfaatkan bambu untuk keperluan ini.

Sayangnya, belum banyak pengrajin bambu di Indonesia yang menekuni pembuatan papan skateboard dan longboard untuk dijual di pasar lokal maupun mancanegara. Padahal ini adalah peluang besar. Kemungkinan manufaktur pembuatan ini yang jadi kendala jika tidak ada campur tangan dari pemerintah. Dalam pembuatan Skateboard dari bambu butuh peralatan standard industri untuk efisiensi dan kualitas pembuatan.

Pengrajin bambu asal Jawa Barat, Adang Sopyan dari Ujung Berung sudah memulainya. Seperti yang dituliskan oleh bisnis.com, Adang menjual selembar papan skateboard dari bambu lokal dengan harga lebih dari satu juta rupiah. 

Di negara asal skateboard, Amerika, grafik kata kunci pencarian skateboard bamboo di Google Trends, nyaris seimbang dibandingkan dengan kata kunci maple skateboard. Nampaknya deck skateboard tipe bambu mulai banyak peminatnya.

Penggemar skateboard lokal kian banyak sejak tahun 1990-an. Adanya taman rekreasi skate park juga membantu menumbuhkan hobi ini. Terlebih lagi saat ini olahraga sport action ini, masuk dalam cabang roller sport di Asian Games 2018. Masuknya olahraga ini kabarnya sebagai uji coba untuk Olimpiade Tokyo tahun 2020.

BACA JUGA:   Skateboarding Ada di Asian Games 2018

Ekonomi Kreatif di Sekitar Skateboarding

Di sekitar olahraga skateboard tumbuh berbagai jenis peluang bisnis kreatif.

Distro Kaos

Sebagai bagian dari identitas komunitas, kaos untuk para skater tidak bisa dilepaskan. Kaos lebih nyaman dikenakan saat bermain skateboard. Style sablonan yang khas distro memungkinkan seseorang mengenali, mereka adalah penggemar skateboard atau sekadar suka pada sport action ini. Bisnis kaos dengan tema skateboard tetaplah awet.

Sepatu

Saat bermain skateboard, sepatu penting untuk melindungi kaki dan mata kaki agar tidak cedera. Beberapa brand sepatu mengeluarkan kategori khusus untuk para skater.  Ya sepatu khusus para skater, biasanya terbuat dari bahan kanvas tebal. Ada beberapa brand sepatu seperti Nike, Adidas, Vans, dan banyak lagi. Dulu high top sneaker banyak digunakan karena bisa menutupi mata kaki. Sementara sol sepatu biasa dibuat agar tidak licin di atas griptape (semacam stiker amplas di atas papan skateboard). 

Toko Peralatan Skateboard

Bermain skateboard membutuhkan banyak peralatan, seperti truck, deck/papan, roda, bearing, dan aksesoris penting lainnya. Seorang skater yang suka memainkan street style dan style pool, minimal membutuhkan dua buah skateboard. Pada skater yang gemar meng-kostum perangkatnya tentu saja membutuhkan aksesoris yang bisa ditemukan di toko peralatan skateboard. Adanya market place dan internet kompetisi toko peralatan skateboard, nampaknya kian banyak.

Trainer

Trainer atau pelatih calon skater mulai banyak sejak adanya skate park, terutama di perkotaan. Tugas trainer selain mengenalkan teori Skateboard, jenis-jenis permainan, cara bermain aman, mereka pun memastikan agar dalam berlatih calon skater bisa mengontrol dirinya saat akan jatuh.

Pengembang dan Konsultan Skate Park

skatepark

Foto: https://en.wikipedia.org/wiki/Pedlow_Skate_Park

Skate park mulai banyak hadir di perkotaan. Baik pemerintah maupun swasta mulai sadar memfasilitasi sarana permainan ini. Para pengembang property sudah mulai melirik proyek-proyek ini. Skate park jadi bagian dari ruang publik di tengah kota. Di sini pengembang baru perlu banyak belajar dan kolaborasi dengan para skater dan pengembang skate park yang sudah profesional. Masalah eksekusi flooring yang sempurna hingga presisi ukuran wajib agar para skater tidak celaka saat bermain. Selain sebagai wahana rekreasi dan olahraga, skate park cocok untuk menggali bibit-bibit muda calon skater lokal. Nah, prediksi ke depan skate park akan banyak tumbuh di Indonesia. Semoga.

Persewaan Skate Park dan Peralatan

Tidak semua skate park itu gratis, terutama yang dibangun dan dikembangkan oleh pihak swasta. Seperti di TMII, kamu harus menyewanya. Peralatan keamanan seperti helm, pelindung siku dan tangan biasanya diwajibkan saat bermain di skate park.

Videografer

Skateboarding termasuk ceruk konten yang banyak peminatnya di media sosial. Aksi dan trik, hingga tutorial bermain bisa diunggah rutin, misalnya di Instagram dan YouTube. Sembari bermain kamu bisa jadi vlogger khusus khusus untuk tema skateboard. Nah, agar hasil video rekaman lebih seru dan ‘dramatik’ kamu bisa menggunakan jasa videografer. Atau kamu sendiri yang hobi mendokumentasikan tema skateboard bisa jadi aktivitas dan kesibukkan yang menarik ya?

Ilustrator dan Grafis Deck

Papan dek skateboard perlu ilustrasi menarik. Nah ini tugas para penghobi grafis untuk menuangkan ide-idenya di papan skateboard.

Iklan/Sponsorship

Pihak perusahaan yang ingin berpartisipasi dan mendukung pengembangan olahraga ini bisa menaruh ruang iklannya di area skate park. Seperti skate park di Taman Sempur, Bogor, pengembangannya didukung oleh pemerintah kota, dan dana csr dari provider layanan telepon dan internet.

Daur Ulang Papan Skateboard Bekas

Papan skateboard bekas bisa jadi apa saja ya? Ternyata papan skateboard bekas bisa dijadikan kacamata, cincin, jam tangan, bet ping pong, chasing handphone, dan banyak lagi. Semua tergantung kreativitas si pembuat. Di luar negeri sudah banyak yang melakukan. Di Bali, seperti yang dilansir Netz.id, sudah ada Cik Eye yang memulai; kacamata kayu buatan Reza terbuat bahan skateboard bekas.

Pembuat Papan Deck dari Bambu

Seperti yang sudah disebutkan di  atas, di Indonesia belum banyak pengrajin (skala industri kecil dan menengah) yang bermain dan mengembangkan pembuatan skateboard berbahan bambu. Sementara itu bambu di Indonesia cukup berlimpah. Ayo, Bekraf dorong dan bantu para pengrajin bambu melakukan hal ini. Ada peluang pasar lokal dan manca negara yang bisa dikembangkan.

image: bambooskateboard.com

Share.

About Author

Adi Baskoro, seorang pengembang konten, web, & social media ads enthusiast, tinggal di Bogor. Sampai saat ini tertarik pada konten pemasaran online, how to, dan tema sains-teknologi.

Leave A Reply